#mainbottom { background:#ffffff; border:1px solid #0B610B; margin:0 0 0.5em; padding:0.5em; }

Recent Post

Home » » Budaya "Ngikis" Jelang Puasa Digelar Di Ciamis

Budaya "Ngikis" Jelang Puasa Digelar Di Ciamis

Written By tvberita.com on Kamis, 19 Juli 2012 | 03.48








CIAMIS, TVBERITA.com- Memasuki bulan suci ramadhan warga di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mempunyai budaya tersendiri yakni budaya ngikis yang bertujuan untuk mensucikan diri selama menjalalani bulan suci Ramdahan. Selain itu budaya ngikis juga merupakan budaya yang sudah turun temurun sejak zaman nenek moyang.

Budaya ngikis yang bertujuan untuk membersihkan atau mensucikan diri memasuki bulan suci Ramadhan ini. Bertempat di situs purbakala Cingwanara Kabupaten Ciamis Jawa Barat puluhan warga membersihkan singgasana patilasan kerajaan dengan cara mengecat pagar pembatas juga bersih-bersih disekitar singgasana tersebut.

Wakil Bupati Ciamis Iing Syam, yang ikut serta melestarikan budaya ngikis peninggalan nenek moyang ini juga ikut mengecat pagar singgasana. selain itu Wakil Bupati juga memberikan sambutan, dimana peninggalan budaya ngikis yang biasa digelar setiap akan memasuki bulan suci ramadhan ini. Agar terus dilestarikan oleh masyarakat khusunya para kaum muda yang berada di tatar galuh Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, usai melakukan bersih-bersih, juru kunci situs purbakala Cingwanara langsung melakukan ritual pembersihan diri dengan menggunakan senjata Kujang Padjajaran yang diayunkan disekitar leher Wakil Bupati, sebagai symbol pembersihan diri memasuki bulan suci Ramadhan.(Indra prasasti/ Husen Maharaja)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

PERIETIWAAAAAAAAAAA

peristiwa